Sabtu, 17 Desember 2011

BAGAIMANA METODA TAMBANG BAWAH TANAH ???


Metoda tambang bawah tanah, ada beberapa macam metoda tambang bawah tanah, diantaranya:

1. Open Stope
Open stope adalah salah satu metoda penambangan bawah tanah. Open Stope adalah penambangan tanpa membuat penyangga-penyangga. Syarat bahan galian yang dapat ditambang dengan metoda ini adalah atapnya cukup kuat menahan beban tanpa disangga atau dengan atau bisa disebut juga cukup kompeten.

2. Supported Stope
Dalam metoda penambangan seperti ini ( Pada umumnya mineral logam ) bawah tanah dengan cara membuat penyangga-penyangga. Dalam penyanggaan bahan yang bisa digunakn seperti kayu, besi, beton, atau baut besi ( roof bolting ).

3. Long Wall
Long Wall adalah suatu sistem penambangan bawah tanah untuk endapan batubara dengan membuat lorong-lorong panjang, secara mekanis dan bagian dari front penambangan yang sudah selesai ditambang dibiarkan runtuh dengan sendirinya ( caving ).

4. Short Wall
Short wall adalah penambangan bawah tanah untuk endapan batu bara, dengan membuat lorong-lorong yang ukurannya lebih kecil atau lebih pendek dari long wall.

5. Room and Pillar
Room an d pillar merupakan suatu system penambangan bawah tanah untuk endapan batubara dengan menggunakan penyangga-penyangga yang umumnya dari kayu, dengan bentuk blok-blok persegi.

6. Cut an Fill
Cut and fill adal ah salah satu metoda penambangan, dalam metoda penambangan ini, dengan cara menggali atau membuat bukaan-bukaan dan kemudian mengisi kembali dengan material lain bekas bukaan tersebut.

7. Gophering
Dalam metoda penambangan ini dengan membuat bukaan-bukaan berukuran relatif  kecil dan sempit secara tidak beraturan, atau dikenal sebagai lobang tikus.

8. Block Caving
Merupakan suatu sistem penambangan bawah tanah, dengan car meruntukan bagian yang sudah selesai ditambang (mined out ).

2 komentar:

  1. SALAM TAMBANG... Info kepada kawan kawan semua, kami mau memperkenalkan diri kami kepada kawan semua. Kami melayani/penyedia jasa Export hasil tambang berikut Izin under name, Freight, custom clearence, Surveyor, Certificate. Rutinitas kami saat ini export Galena Dan Pasir Besi ke China. Apabila kawan membutuhkan bantuan kami silahkan kontak kami : 02195983934. Terima kasih & regards Mugi Gustaman. JAKARTA-INDONESIA

    BalasHapus
  2. bisa di perjelas lagi, seperti : shrinkage stoping, square set stoping, sfull stoping, shring fill, cafing methode, top slicing, sup level caving dan metode tambang bawahy tanah yang lain,, dan juga megenai alat yang di gunakan dlm terowongan... !
    makasii

    BalasHapus