Minggu, 25 Desember 2011

Pertambangan Jadikan Daerah Tambang Sebagai Kota


Pertambangan Jadikan Daerah Tambang Sebagai Kota

Pada dasarnya dan fakta, bayak daerah tambang di Indonesia ini dengan adanya kegiatan pertambangan suatu daerah tersebut. Menjadikan daerah tersebut menjadi kota, tepatnya kota tambang. Salah satu contoh yang mungkin bisa kita ambil suatu daerah menjadi kota tambang yaitu Sawahlunto dan Tembagapura.
Kota Sawahlunto
 Kota Sawahlunto berkembang menjadi kota tambang semenjak ditemukannya cadangan bahan galian batubara oleh De Groet pada akhir abad ke-19 di tepi sungai ombilin. Dan Setelah itu kegiatan pertambangan di Sawahlunto berkembang dengan bahan galian batubara. Dan merubah Sawahlunto menjadi kota tambang sepertii sekarang.





Kota Tembagapura
Dan Kemudian kita beranjak pada Kota Tembangapura, berkembangnya Tembagapura menjadi daerah kota atau kota tambang. Tak lepas dari cikal bakal dari Penandatanganan Kontrak Karya untuk masa 30 tahun, yang menjadikan PTFI sebagai kontraktor eksklusif tambang  pada tahun 1967. Dan pada tahun 1970-1972 dimulai proyek awal konstruksi PTFI dan pada 3 Maret 1973 daerah ini resmi diberi nama Tembagapura. Dan seiring waktu Tembagapura tumbuh dan berkembang mejadi kota tambang seperti sekarang ini.

Jadi dari serangkaian ungkapan diatas tadi dapat diambil kesimpulan kegiatan pertambangan mendorong suatu daerah menjadi sebuah kota yaitu kota tambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar