Kamis, 29 Desember 2011

Dampak Yang Ditimbulkan Air Asam Tambang




Dampak Yang Ditimbulkan Air Asam Tambang



Di lokasi area penambangan  terbentuknya air asam tambang akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.Dan Lingkungan yang akan merasakan dampak negatif dari air asam tambang yaitu :
  1. Masyarakat yang berada disekitar areal penambangan
Dampak air asam tambang ini memang tidak dirasakan secara langsung oleh masyarakat tetapi beberapa tahun kemudian air yang terkontaminasi oleh asam tambang banyak mengandung logam berat seperti besi, seng, akan dirasakan. Apabila dikonsumsi oleh masyarakat secara kontinu maka maka dampak yang akan dirasakan yaitu menderita keracunan dan dapat mengakibat lumpuh.

  1. Kualitas Air Permukaan
Hasil oksidasi pirit membentuk air asam tambang akan menyebabkan menurunnya kualitas air permukaan.

  1. Biota perairan
Apabila air sungai telah terkontaminasi oleh air asam tambang maka akan berdampak pada penurunan biota di perairan atau ketidak mampuan biota perairan dalam bertahan hidup/survive.

  1. Kualitas Tanah
logam berat seperti besi, tembaga seng terkandung dalam tanah yang asamnya banyak, yang pada dasarnya merupakan unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman, sementara unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman seperti fosfor, magnesium, kalsium sangat kurang. Akibatnya keracunan pada tanaman karena kelebihan unsur hara mikro, ini ditandai denagan membusuknya akar tanaman sehingga tanaman menjadi layu.

3 komentar:

  1. Nice post den,... udah saya bookmark
    kunjungan balik dari belajar pintar :)

    BalasHapus
  2. terimakasih gan udah masang balik link saya dan kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. awam banget neh: apa yang dimaksud oksidasi pirit...

    BalasHapus