Kamis, 15 Desember 2011

APA ITU NIKEL ?

NIKEL



1. Sifat bahan galian :

Nikel logam yang sangat keras dan putih mengkilap terdapat di dalam kerak bumi sebanyak kl. 0,02%. Diantara mineral-mineral yang mempunyai arti komersil ialah pentlandit (Ni,Fe)S dan garnirit (n NiSO3 mHgSiO3.H2O).
Pada umumnya bijih nikel dibedakan sesuai dengan mineralnya menjadi bijih sulfidik yang terjadi karena replacement dan magmatic dan keduabijih silikat yang terjadi karena pelapukan (laterisasi) dari batuan ultra basa. Bijih nikel Indonesia termasuk tipe yang disebut belakanga.

2. Penyelidikan/Penambangan :

Penyelidikan bijih nikel laterit dilakukan dengan test pit. Untuk bijih sulfidik, geofisik dan pemboran inti.
Penambangan bijih nikel larerit (contoh Pomalaa) adalah pertambangan terbuka. Lapisan penutup  dikupas dengan bulldozer, bijihnya digali dengan power shovel. Bijih nikel sulfidik ditambang secara tambang terbuka atau tambang dalam tergantung keadaan cebakannya.

3.Pengolahan :

Seperti besi laterit demikian juga nikel laterit belum dikenal cara pengolahannya. Nikel sulfidik diolah secara flotasi. Kadang-kadang sebelumya dikonsentir dulu secara magnetik separation.

4. Metalurgi:

Ekstrak nikel dari bijihnya yang konvensionil dilakukan secara pyrometallurgy. Sekarang telah dtemukan proses pengolahan bijih nikel secara hydrometallurgy yaitu “ammonia – pressure leach process” dan “sulfuric acid – pressure leach process”.
Bijih laterit kadar rendah (± 1,5 %) dilebur dengan menambahkan besi dan ferrosileon dijadikan ferronickel (feronikel)

5. Penggunaan

Nikel digunakan dalam : campuran logam-logam bukan besi (non ferrous alloys), baja tahan karat, (stainless stell), baja jenis lain, melapisi logam-logam (electroplating), campuran yang tahan akan listrik dan suhu tinggi, besi tuang, katalisator, keramik, magnet, dan lain-lain.




No
Tempat ditemukan
Keadaan endapan
Reserve
Diselidiki oleh


1


2
Sulawesi Tengah

Soroako


Buluhalang


Hasil weathering dan lixiviation dari peridotit
….



700.000 ton


320.000 ton


Diens v/d Mijnbouw



1

2

3

4
Sulawesi Tenggara

Pomalaa

Tg. Pakar

Pulau Maniang

Pulau Lemo


Nikel laterit





1.372.543


62.000



PN Aneka Tambang



2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT. Kaltim Prima Coal

    BalasHapus
  2. permisi gan,ane mau numpang promosi, ane punya bongkahan batu bacan doko super dan palamea jika ada yg berminat silahkan hubungi ; 085298487117 atau invite pin ; 584bdc38. terima kasih.

    BalasHapus